Jewel Art Store

Wednesday, September 6, 2017

Proses Registrasi National Taiwan Univeristy of Science and Technology (NTUST) 2017

Pada semester Fall 2017, proses registrasi National Taiwan University of Science and Technology (NTUST) berlangsung selama 3 hari yaitu tanggal 6, 7, dan 8 September 2017. Sebelum tiba di NTUST, waktu registrasi telah dibagi berdasarkan jurusan. Menurut jadwal, registrasi untuk jurusan Information Management adalah tanggal 7 September 2017 pukul 2 siang hingga 4 sore. Namun karena pada waktu yang berdekatan aku ada pertemuan dengan profesor, jadi aku memutuskan untuk langsung registrasi setiba di NTUST pada tanggal 6 September 2017.

Check-In Dormitory

Saat tiba di NTUST, kita bisa langsung check-in dormitory untuk meletakan barang bawaan terlebih dahulu. Check-in dormitory dilakukan di Dormitory 3. Tidak ada dokumen yang diperlukan untuk check-in dormitory. Saat tiba di meja registrasi, kita hanya perlu mencari nama kita yang sudah terdaftar dan membayar deposit kunci $100 untuk perempuan (kunci kamar dan kunci lemari) dan $150 untuk pria (selain kunci, pria dapat kartu akses pintu otomatis. Setelah dapat student ID, kartu ini bisa dikembalikan dan uang $100 akan dikembalikan).


Proses Registrasi National Taiwan Univeristy of Science and Technology (NTUST)

Tahap pertama adalah kita pergi ke gedung International Affairs Office. Hal-hal yang perlu kita ketahui untuk proses registrasi bisa kita dapatkan di tahap pertama ini karena kita akan diberi satu amplop yang berisi semua informasi yang dibutuhkan.

  1. International Affairs Office (lantai 4)

    • Setiba di gedung ini, kita akan disambut oleh petugas di meja registrasi. Petugas akan meminta nama dan jurusan kita, kemudian petugas akan memberikan kita satu amplop dan satu dokumen form registrasi. Form registrasi ini tidak perlu diisi, melainkan akan diberi stempel oleh masing-masing divisi registrasi selama proses registrasi.

    • Setelah diberi amplop dan form registrasi, langsung masuk ke ruangan yang ditunjuk untuk verifikasi beberapa hal yaitu:

      • ijazah asli dan transkrip asli

      • status beasiswa dan asuransi


    • Yang perlu disiapkan adalah:

      • fotokopi paspor (tulis nama lengkap, no hp Taiwan, nomor mahasiswa, dan email)


    • Setelah selesai di tahap ini, bisa langsung ke tahap selanjutnya.

  2. Student Assistance Division (Gedung Student Center lantai 2)

    • Pada tahap ini, yang perlu kita lakukan adalah check in dormitory. Namun karena pertama kali tiba  di NTUST, kita langsung masuk dormitory, jadi kita hanya perlu meminta cap saja.

    • Untuk teman-teman yang ingin membatalkan dormitory, bisa lapor di tahap ini agar tagihan dormitory tidak dimasukan saat tahap pembayaran nanti.

      [caption id="attachment_5238" align="aligncenter" width="640"]Jewel Art Store Jewel Art Store[/caption]

  1. Health Clinic (Gedung Student Center Lantai 1)


    • Pada tahap ini, hasil medical check up kita akan diverifikasi. Apabila tidak ada masalah, maka kita akan diberi cap dan diberi jadwal medical examination dari kampus. Bila medical check up sebelumnya ada masalah, maka petugas akan memberi tahu apa yang perlu dilakukan selanjutnya.

  2. Post Office atau 7-11 atau Family Mart


    • Kita boleh pilih salah satu, kalau saya membayar semua tagihan di Post Office karena masih satu gedung dengan gedung Student Center.

    • Yang perlu dilakukan hanyalah mengambil nomor antrian dan menyiapkan uang tagihan. Biaya tagihan sudah terlampir di formulir registrasi yang diberikan di tahap 1.

  3. Section of Graduate Studies (Gedung Administration Building lantai 2)


    • Pada tahap ini, kita perlu mempersiapkan beberapa dokumen yaitu:

      • paspor dan dua foto

      • ijazah asli dan fotokopi (kalau ijazah Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia beda, tunjukan keduanya)

      • transkrip asli dan fotokopi (kalau transkrip Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia beda, tunjukan keduanya)

      • financial statement dan fotokopi (bagi yang tidak dapat beasiswa full maupun partial)

      • asuransi (bagi yang beli di Indonesia)


    • Dokumen-dokumen di atas akan diperiksa dan apabila selesai kita akan diberi 2 dokumen yaitu:

      • Certificate of Existing Study (Perlu untuk apply ARC)

      • Informasi username dan password untuk login ke Student Information System dan WiFi.
  4. Departement (sesuai jurusan masing-masing)


    • Pada tahap ini yang diperlukan akan berbeda-beda tergantung keperluan departemen masing-masing. Misalnya untuk departemen Information Management hanya perlu meminta cap.

    • Tahap registrasi kampus sudah berakhir sampai tahap ini. Untuk melanjutkan tahap selanjutnya, kita perlu apply ARC terlebih dahulu.

  5. Section of Graduate Studies (Gedung Administration Building lantai 2)

    • Pada tahap ini kita perlu mempersiapkan fotokopi ARC. Jadi harus apply ARC terlebih dahulu yang membutuhkan waktu 2 minggu. Kita harus menyelesaikan tahap ini sebelum 6 November 2017 (mungkin akan berbeda setiap semester).

Setelah menyelesaikan 7 tahap di atas, seluruh proses registrasi National Taiwan University of Science and Technology sudah selesai. Mungkin hal yang perlu diingat adalah jangan keluar dari Taiwan selama lebih dari 30 hari dalam 6 bulan pertama. Karena untuk mendapat NHI, kita perlu tinggal di Taiwan selama minimal 6 bulan. Semoga bermanfaat :)

Terima kasih telah membaca Proses Registrasi NTUST ^^ Artikel lainnya terkait kuliah di NTUST, beasiswa Taiwan ada di sini.

[caption id="attachment_5238" align="aligncenter" width="640"]Jewel Art Store Jewel Art Store[/caption]

9 comments:

  1. Hai kak. Aku pengen nanya ttg jurusan Information Management. Kebetulan tahun ini akan kuliah d NTUST juga.
    Please send me email 😊

    ReplyDelete
  2. Sudah kirim yaa 👌👌👌👌👌

    ReplyDelete
  3. Misi kak, aku keterima di NTUST Eletrical Engineering Fall 2018 ini, mau tanya" dong seputar keberangkatan ke Taiwan.
    1. Dulu waktu berangkat ke Taiwan bareng" gitu apa sendiri"?
    2. Ada grup PPI NTUST gak ya? Kalo ada, aku mau gabung buat nanya" dong, soalnya takut ntar sampe Taiwan bingung sendiri hehe ...

    ReplyDelete
  4. Hai della, biasanya kamu akan di invite ke group line angkatan Fall 2018. Mungkin belum aja kali ya. Nanti biasanya sesama temen angkatan bakal janjian pergi bareng. Kalau kalian datengnya rame-rame, biasanya bisa dijemput. Informasi lebih lengkap nanti bakal dikasih tau di group line itu.

    ReplyDelete
  5. Sorry ko mau nny, cara ikut beasiswa nya gmn ya? Boleh sharing info gaa :(

    ReplyDelete
  6. Hai :) Beasiswa NTUST diberikan oleh NTUST. Jadi kamu hanya perlu daftar ke NTUST dan centang (checklist) tanda daftar beasiswanya :) hanya se-simple itu hehehe Bisa banget dicoba ^^

    ReplyDelete
  7. Boleh di infoin ko laman nya? Trus tinggal dmn?

    ReplyDelete
  8. Halo Kak, terimakasih untuk informasi yang sangat menarik. Saya mau tanya, apakah kalau kita hanya memakai fotokopi ijazah dan fotokopi transkrip nilai, kita tidak akan bisa mendapat visa, dan registrasi dikampus seperti yang tertera diatas?
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  9. Seingat saya, saat mengajukan aplikasi visa, ijazah asli dan transkrip asli perlu diperlihatkan di TETO. Saat sampai di kampus juga akan diperlihatkan lagi. seperti itu.

    ReplyDelete