Jewel Art Store

Tuesday, September 22, 2020

Pengalaman Preliminary Assessment EY Indonesia


Hi teman-teman, kali ini aku akan menjelaskan tentang pengalaman aku saat melakukan preliminary assessment EY Indonesia. Hal yang akan diuji saat preliminary assessment akan sedikit berbeda tergantung posisi yang di daftar.

Preliminary Assessment EY Indonesia

Pada tanggal 10 Desember 2019, aku mendapat email dari EY untuk mengikuti preliminary assessment. Pada email tersebut, aku diberi tahu informasi terkait preliminary assessment itu sendiri dan juga application form yang perlu diisi dan dibawa ke kantor EY saat preliminary assessment itu. Selain membawa formulir tersebut, kita juga diminta untuk membawa CV, fotokopi KTP, ijazah, transkrip, foto terbaru, dan alat tulis untuk mengerjakan test.

Preliminary assessment ini terdiri dari English Test (multiple choice 60 mins), IT Test (30 mins), dan Creative Problem Solving (30 mins). Test yang dilakukan akan tergantung dengan posisi yang kita daftar. Umumnya English Test tetap ada, namun untuk yang mendaftar di posisi audit akan ada test terkait audit, dan yang mendaftar di posisi terkait dengan keuangan akan ada test yang berkaitan juga.

Preliminary Assessment EY Indonesia
Preliminary Assessment EY Indonesia

Contoh Soal

English Test
English test cukup normal. Tingkat kesulitannya kurang lebih sama dengan TOEFL. Kita hanya perlu mengatur waktu dengan baik dan menyelesaikan semua soal.

IT Test
Soal IT Test ini adalah general IT dan beberapa soal ada kaitannya dengan teori dasar-dasar audit IT. Misalnya ditanya, pada pilihan di bawah mana yang bukan merupakan OS, mana yang bukan DBMS, apa tujuan audit SI? dan sebagainya.

Jewel Art Store
Jewel Art Store

Creative Problem Solving
Soal creative problem solving ada 10 soal pilihan ganda dan 1 soal essay. Untuk pilihan ganda, soal-soalnya seperti soal matematika TPA. Jadi tidak ada yang butuh rumus matematika apapun. Yang penting kita bisa mengerti hal-hal dasar seperti bangun ruang, kecepatan, jarak, dll. Kemudian untuk 1 soal essay itu, kita diminta untuk menentukan posisi tempat duduk dengan beberapa aturan yang dikasih. Hasil akhirnya posisi tempat duduk tidak boleh melanggar aturan yang diberikan.

Contoh soal creative problem solving EY
Contoh soal creative problem solving EY

Saran

Sebagai catatan, jangan sampai telat untuk mengikuti test walaupun hanya 1 menit saja. Berdasarkan pengalamanku, kemungkinan ada peserta di jadwal lain yang bisa datang di jadwal kita. Sehingga kalau di dalam ruangan sudah mulai dan ruangan terlihat penuh, maka kita tidak akan diperbolehkan masuk. Pilihannya adalah mengganti ke jadwal lain.

Penutup

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat ya. Terutama untuk teman-teman yang sedang dalam proses rekrutmen EY atau yang ingin mendaftar ke EY. Jika ada pertanyaan, langsung di komentar aja ya :)


Jewel Art Store
Jewel Art Store

Aku ada beberapa pengalaman lain di perusahaan lain, kalian bisa baca blog lain di link berikut ya:
Pengalaman Tes SHL BCA 1
Pengalaman Psikotest BCA 2
Pengalaman Verifikasi SHL dan Interview BCA 3

Pengalaman Seleksi HSBC
Proses Rekrutmen EY
Proses Rekrutmen Abeam Consulting
Daftar dan Seleksi KPMG

Artikel terkait tips karir dan artikel sejenis dapat dibaca di sini. Good luck,
William Chandra


No comments:

Post a Comment