Jewel Art Store

Wednesday, August 9, 2017

Pengalaman Mengurus VISA Pelajar Taiwan | NTUST

Halo teman-teman, kali ini aku mau sharing pengalaman terkait pengurusan VISA visa pelajar aku untuk kuliah ke Taiwan. VISA pelajar ini sama dengan VISA Resident ya teman-teman. Jadi saat mendaftar VISA, yang dipilih adalah VISA Resident.

Aku udah berhasil dapat VISA pelajar sejak tanggal 4 Agustus 2017. VISA ini berlaku selama 3 bulan. Jadi, VISA aku berlaku sampai 4 November 2017. Untuk mengetahui proses lebih lengkap, langsung aja yuk aku ceritakan.

Syarat Dokumen Pengajuan VISA Pelajar Taiwan

Untuk mengajukan VISA resident dengan tujuan sekolah, dokumen-dokumen yang diperlukan adalah:

  • Paspor (asli dan fotokopi) minimal masih berlaku 6-12 bulan

  • Ijazah Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris (asli dan fotokopi)

  • Transkrip Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris (asli dan fotokopi)

  • Kartu keluarga (fotokopi)

  • Medical Check Up (asli dan fotokopi)

  • Foto 4x6 berwarna background putih 2 lembar

  • Tabungan 3 bulan terakhir (fotokopi) kalau dapat beasiswa tidak perlu

  • TOEFL/IELTS (fotokopi)

  • LOA (asli dan fotokopi)

  • Form VISA (asli) isi melalui website dan dicetak.

Saat mengajukan ke loket pendaftaran, semua dokumen kita perlihatkan ke petugas dan nanti dokumen asli akan dikembalikan. Untuk ijazah dan transkrip asli hanya digunakan sebagai lampiran jadi juga akan dikembalikan langsung saat di loket pengajuan. Sedangkan paspor asli akan diambil oleh petugas dan akan dikembalikan saat mengambil VISA.

Nah, seperti yang teman-teman bisa baca kelengkapan dokumen di atas, kita perlu mempersiapkan beberapa dokumen terlebih dahulu sebelum mengajukan VISA seperti LOA, TOEFL, Medical Check Up, dll. Selain itu, apabila kampus atau sekolah tujuan di Taiwan meminta dokumen ijazah, transkrip dan Medical Check Up untuk di legalisir TETO, maka teman-teman harus legalisir TETO dulu dokumen yang diminta. Kalau sekolah kalian tidak mewajibkan legalisir TETO (seperti NTUST), maka boleh mengajukan VISA tanpa legalisir TETO.

Informasi mengenai legalisir dokumen dapat dibaca di post ini -> Legalisir Dokumen kemenkumham, kemenlu, dan TETO


[caption id="attachment_5238" align="aligncenter" width="640"]Jewel Art Store Jewel Art Store[/caption]

Proses Pengajuan VISA Pelajar Taiwan

Setelah melengkapi semua dokumen yang diperlukan, aku datang ke kantor TETO di Gedung Artha Graha pukul 9 pagi. Setelah tiba di gedung, aku langsung naik ke lantai 12 dan meminta nomor antrian pada petugas. Usahakan dokumen yang kalian bawa sudah lengkap termasuk fotokopiannya karena TETO tidak menyediakan jasa fotokopi. Kalau mau fotokopi, kita harus turun ke basement.

Setelah memberi semua dokumen ke loket, dokumen kita akan diperiksa oleh petugas. Apabila semua sudah lengkap, petugas akan memberikan kwitansi pembayaran dan kita bisa langsung bayar ke loket pembayaran. Untuk membayar tidak ada nomor antrian, jadi langsung berbaris aja di loket pembayaran tersebut. Biaya pembuatan VISA Resident 2017 adalah Rp. 858.000. Setelah selesai membayar, kembalikan kwitansi tersebut ke loket awal dan kita akan diberi bukti pengambilan VISA.

Oh iya, kita belum tentu dapat VISA ya teman-teman. Jadi, keputusan untuk dapat VISA atau tidak sepenuhnya dipegang oleh TETO. Kemudian teman-teman yang ijazah aslinya belum keluar, kemungkinan tidak bisa mendapat VISA resident hanya VISA visitor. Namun, VISA visitor nanti bisa diganti menjadi VISA Resident ketika ijazah asli sudah keluar. Bedanya ya perlu membayar biaya pengajuan VISA resident lagi.

Untuk pelajar yang akan sekolah sekitar 2 tahun harus punya VISA resident. Kalau teman-teman yang sekolah Bahasa Mandarin beberapa bulan, biasanya diberikan VISA visitor dan harus diperpanjang setiap 3 bulan. VISA Resident ini penting karena diperlukan untuk membuat Alien Residence Card (ARC). ARC ini adalah kartu tanda penduduk kita selama di Taiwan. Dengan memegang kartu ARC ini kita dapat membuka rekening bank dan bebas untuk keluar masuk Taiwan selama ARC itu berlaku.

Pengalaman dan Saran Mengurus VISA Pelajar Taiwan

Aku hanya perlu waktu 2 hari untuk menunggu VISA selesai. Aku mengajukan VISA Resident tanggal 2 Agustus 2017 dan selesai tanggal 4 Agustus 2017.

Oh iya, jangan lupa waktu pengajuan dan pengambilan VISA berbeda ya teman-teman. Jadwal memasukan dokumen adalah pukul 8.30-11.30. Sedangkan jadwal mengambil dokumen adalah pukul 13.30-16.00. Usahakan datang ke TETO pada rentang waktu tersebut ya. Soalnya kalau kita datang terlalu awal (misal jam 9 pagi) belum bisa naik ke lantai 12 dan harus tunggu di lobby gedung dan tidak ada tempat duduk.

Semoga teman-teman yang baca dapat informasi yang dibutuhkan ya :) Kalau kamu lagi mengurus VISA pelajar Taiwan juga, semoga prosesnya lancar :)

Kalau mau baca pengalaman aku terkait Taiwan dan kuliah di NTUST, teman-teman bisa baca disini -> Kategori Taiwan williamwchandra.com

[caption id="attachment_5238" align="aligncenter" width="640"]Jewel Art Store Jewel Art Store[/caption]

3 comments:

  1. […] Konten lengkap dan terupdate aku pindahin ke website baru ya guys 🙂 -> Pengalaman Mengurus VISA Resident Taiwan 2017 | Visa Student/Resident Taiwan […]

    ReplyDelete
  2. […] Pengalaman aku mengurus VISA Pelajar Taiwan bisa dibaca disini -> Pengalaman Mengurus VISA Pelajar Taiwan. […]

    ReplyDelete
  3. […] Untuk blog post pembuatan VISA Pelajar Taiwan bisa dibaca disini -> Pengalaman Mengurus VISA Pelajar Taiwan […]

    ReplyDelete