Jewel Art Store

Saturday, March 25, 2017

Pengalaman Pendaftaran ke NTUST (National Taiwan University of Science and Technology) | Master's Degree

Halo teman-teman, kali ini aku mau sharing mengenai pengalaman pendaftaran ke NTUST. Proses ini berawal dari tahun 2016 sekitar awal semester 7 aku di UI. Aku sudah mulai mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai universitas di Taiwan. Ini juga bisa jadi tips untuk teman-teman yang sedang mencari universitas di luar negeri, kita harus cari tahu apa aja syarat dokumennya. Walaupun suatu jurusan punya nama yang sama, Setiap universitas punya mata kuliah yang beda-beda, jangka waktu studi yang bisa berbeda, syarat dokumen yang berbeda dll. Kalau untuk Universitas di Taiwan, teman-teman bisa cek juga apakah tersedia beasiswa, kemudian beasiswanya mencakup apa saja. Beberapa beasiswa kuliah di Taiwan sudah aku rangkum disini.


Pengalaman Pendaftaran Ke NTUST: Awalnya...

Setelah mencari informasi di internet, aku juga pernah mengunjungi pameran studi di Taiwan yang waktu itu di Hotel Pullman Central Park Jakarta. Setelah survei di acara itu, aku memutuskan untuk daftar ke:

  1. National Tsing Hua University (NTHU)

  2. National Chiao Tung University (NCTU)

  3. National Cheng Kung University (NCKU)

  4. National Taiwan University of Science and Technology (NTUST)

Pasti ada yang nanya, "Kok tidak mau daftar ke National Taiwan University (NTU)? bukannya itu universitas paling bagus di Taiwan?" Aku sudah beberapa kali mendapat pertanyaan ini atau biasanya orang langsung berasumsi aku akan mendaftar ke NTU. Jadi setelah mencari informasi di website pendaftarannya, NTU tidak banyak membuka kelas full Bahasa Inggris (kebetulan jurusan yang aku mau daftar tidak available) dan beasiswanya lebih kecil jika dibandingkan universitas lain. Nah, itu juga bisa dijadikan bahan pertimbangan teman-teman. Mungkin saja teman-teman sama dengan aku yang butuh beasiswa.

Pengalaman Pendaftaran Ke NTUST: Mulai Mendaftar...

Setelah fokus semester akhir dan skripsi, akhirnya aku lulus. Sampailah di akhir bulan Februari. Entah mengapa aku disibukkan dengan hal lain sampai belum menyiapkan dokumen apapun. Setelah diperiksa, ternyata pendaftaran NTHU dan NCTU tutup tanggal 15 Maret 2017. Cuma ada waktu 2 minggu sebelum deadline dan ijazah aku juga belum selesai. Pendaftaran NTUST tutup tanggal 31 Maret 2017. Jadi, akhirnya aku fokus mengejar deadline pendaftaran ke NTUST. Untungnya lagi beasiswa yang diberikan NTUST itu cukup besar dibandingkan dengan 3 kampus incaranku. Selain itu, aku ingat sebelumnya dosen pembimbing skripsi aku pernah menawarkan untuk kuliah ke NTUST karena UI ada program kerja sama dual-degree dengan NTUST. Lalu awal bulan Maret aku langsung menyiapkan semua dokumen yang diperlukan.

[caption id="attachment_5238" align="aligncenter" width="640"]Jewel Art Store Jewel Art Storehttp://toko.ly/jewelartstore[/caption]

Pengalaman Pendaftaran Ke NTUST: Syarat Dokumen...

Dokumen yang diperlukan untuk pendaftaran NTUST adalah sebagai berikut:

  1. Formulir pendaftaran (isinya online)

  2. dua surat rekomendasi untuk jurusan information management dan 1 surat rekomendasi lagi untuk jurusan industrial management (aku daftar dua jurusan)

  3. CV

  4. Ijazah dan transkrip bahasa inggris

  5. Study plan 500 kata

  6. Sertifikat TOEFL/IELTS/yang setara

  7. Surat pilihan area riset (untuk jurusan information management. surat ini disediakan bisa download)

  8. Dokumen pendukung lainnya (aku masukan skripsi aku yang udah diubah ke bentuk jurnal bahasa Inggris)

Hingga tanggal 25 Maret 2017, aku masih menunggu 1 surat rekomendasi lagi dari seorang dosen. Setelah mendaftar aku juga masih harus membayar biaya pendaftaran. Oh ya, sekarang di NTUST semuanya sudah online jadi tidak perlu mengirim dokumen hardcopy ke Taiwan. Kemudian NTUST sudah tidak mewajibkan kita untuk legalisir ijazah dan transkrip ke TETO. Jadi lebih mudah ya.

Biaya pendaftaran untuk satu jurusan itu sekitar 30 US Dollar. Setelah aku baca dokumen ternyata bisa bayar pakai kartu kredit, transfer bank lokal di Taiwan, dan bayar sistem international (perlu beberapa hari). Aku membayar menggunakan kartu kredit kakakku. Caranya sangat mudah, kita hanya perlu mengikuti perintah sistem yaitu masukan nomor kartu kredit, masukan nomor ototrisasi kartu kredit, perhatikan jumlah yang dibayar. Langsung diproses online. Kemudian seperti biasa, kita perlu memasukan kode verifikasi yang akan dikirim ke nomor HP pemiliki kartu kredit. Beberapa saat kemudian status pembayaran berubah jadi complete.

Saran...

Oh ya, sebenarnya untuk pendaftar internasional memang disarankan untuk membayar menggunakan kartu kredit karna tidak ada biaya administrasi dan biaya lain-lain. Kalau bayar menggunakan transfer internasional akan ada biaya transaksi dan total biaya registrasi ditambah biaya transaksi yang harus dibayar mencapai 1,2 juta. Kalau menggunakan kartu kredit, biaya yang perlu dibayar hanya biaya registrasi yaitu 2.000 NTD (sekitar Rp. 800.000an -> untuk dua jurusan. Kalau daftar satu jurusan cuma 1.000 NTD)

Semoga pengalaman pendaftaran ke NTUST yang aku berikan bermanfaat ya teman-teman. Kalau ada pertanyaan jangan sungkan untuk tanya di bagian komentar :)

Blog post aku mengenai surat rekomendasi bisa dibaca disini -> surat rekomendasi. Kalau untuk study plan bisa dibaca disini -> study plan. Kenapa saya pilih NTUST? Cek disini.

Tips beasiswa lainnya bisa dicek di sini. Terima kasih telah membaca :)

William Wei Chandra

14 comments:

  1. […] dan tips pendaftaran universitas di Taiwan. Untuk pendaftaran NTUST bisa dibaca di tulisanku yang ini. Semoga tulisan ini dapat memberikan informasi yang teman-teman butuhkan. Tulisan ini membahas […]

    ReplyDelete
  2. hai kak
    kak boleh minta email untuk tanya2 biaya siswa taiwan
    thxπŸ™‚

    ReplyDelete
  3. Hai Freza, boleh email saya william@williamwchandra.com :)

    ReplyDelete
  4. […] dan tips pendaftaran universitas di Taiwan. Untuk pendaftaran NTUST bisa dibaca di tulisanku yang ini. Semoga tulisan ini dapat memberikan informasi yang teman-teman butuhkan. Tulisan ini membahas […]

    ReplyDelete
  5. Kak saya mau nanya, kalo abis lulus sma ga kuliah dulu diindo tapi mau langsung cari beasiswa di NTUST bisa ga?
    Makasih

    ReplyDelete
  6. Hai Valen,

    Kalau beasiswa S1 dari NTUST, saya sendiri belum pernah dengar dan tidak tahu.
    Tapi kamu bisa coba beasiswa Pemerintah Taiwan ada yang untuk S1. Silakan dicoba :)

    ReplyDelete
  7. Terimakasih informasi nya sangat membantu .

    ReplyDelete
  8. Mau tanya, kalau kuliah di ntust dan tanpa beasiswa itu brp ya uang semesternya kira2 ?

    ReplyDelete
  9. Jurusan information systems dan information management beda atau sama ?

    ReplyDelete
  10. jurusan information management dan systems information berbeda atau sama yah ?

    ReplyDelete
  11. Tergantung mata kuliah yang diberikan apa hehee.. Misal di beberapa kampus luar negeri mata kuliah Information Management itu hampir seperti ilmu perpustakaan. Tapi untuk yang di NTUST mata kuliah yang ditawarkan lebih mengarah ke Information Systems.

    ReplyDelete