Jewel Art Store

Monday, September 21, 2020

Apakah Desinfektan Dapat Membunuh Virus


Pasti banyak yang bertanya, "Apakah desinfektan dapat membunuh virus?" Jawaban singkatnya adalah Iya. Tapi tidak seketika loh. Ternyata butuh waktu bagi desinfektan / Alkohol untuk dapat menghancurkan virus sehingga virus tidak dapat menempel lagi pada reseptor di tubuh kita. Berikut penjelasannya.

Desinfektan Membunuh Virus (Dr. Harsh Vardhan)
Desinfektan Membunuh Virus (Dr. Harsh Vardhan)

Struktur Virus dan Cara Menghancurkannya

Pada dasarnya, virus adalah kumpulan materi genetik yang dilindungi jaringan lemak disekelilingnya (lingkaran kuning pada gambar). Umumnya virus memiliki tanduk (warna pink pada gambar) yang berguna untuk mengunci reseptor pada tubuh kita. Jadi, ketika virus masuk dalam tubuh, tanduk warna pink tersebut yang akan mengikat ke reseptor yang ada di tubuh kita.

Saat virus bertemu dengan desinfektan / alkohol, jaringan lemak tersebut akan hancur dan mengeluarkan isi materi genetik tersebut. Sehingga tanduk-tanduk tadi juga ikut hancur dan tidak bisa mengikat ke reseptor tubuh.

Sabun juga bekerja dengan cara yang sama untuk menghancurkan virus yaitu dengan menghancurkan jaringan lemak disekeliling virus tersebut. Waktu yang dibutuhkan untuk menghancurkan virus sekitar 20 detik. Jadi, saat mencuci tangan dengan sabun, jangan langsung dicuci. Tetaplah gosok tangan selama kurang lebih 20 detik, baru kemudian dicuci.

Jewel Art Store
Jewel Art Store

Penutup: Apakah desinfektan dapat membunuh virus

Semoga informasi di atas dapat membantu teman-teman semua ya. Jangan lupa gunakan hand sanitizer atau cuci tangan minimal 20 detik untuk menghancurkan virus. Jangan menyentuh bagian wajah dan ikuti protokol kesehatan lainnya ya.

Untuk membaca artikel lain, bisa membaca di kategori pengetahuan umum. Ada juga kategori tips karir, tips kuliah, dan tips beasiswa.

Selamat membaca dan good luck,
William Chandra


No comments:

Post a Comment