Jewel Art Store

Monday, March 23, 2020

Pengalaman Mengikuti Proses Rekrutmen Tes EY


Hi guys, di blog post kali ini aku akan menceritakan pengalaman aku mengikuti proses rekrutmen Tes EY. Pastinya sudah tau dong apa itu EY? EY adalah salah satu dari 4 kantor akuntan publik (KAP) terbesar di dunia. 3 kantor lainnya adalah KPMG, PwC, dan Deloitte. Keempat kantor ini dikenal dengan sebutan Big Four. Walaupun mereka dikenal sebagai 4 besar kantor akuntan publik (KAP), namun masing-masing perusahaan ini sudah mengembangkan bisnis konsultasi mereka sejak lama di bidang management consulting, IT, pajak, dll.

Pengalaman Rekrutmen EY

Background

Aku pertama kali mendaftar melalui website EY pada tanggal 26 November 2019 untuk posisi Advisory Risk Cyber Security Consultant. Persyaratan yang diminta saat mendaftar melalui website cukup standar. Jadi bisa tinggal mengisi informasi diri yang diperlukan dengan baik melalui webstite EY.

Preliminary Assessment

Pada tanggal 10 Desember 2019, aku mendapat email dari EY untuk mengikuti preliminary assessment. Pada email tersebut, aku diberi tahu informasi terkait preliminary assessment itu sendiri dan juga application form yang perlu diisi dan dibawa ke kantor EY saat preliminary assessment itu. Selain membawa formulir tersebut, kita juga diminta untuk membawa CV, fotokopi KTP, ijazah, transkrip, foto terbaru, dan alat tulis untuk mengerjakan test.

Preliminary assessment ini terdiri dari English Test (multiple choice 60 mins), IT Test (30 mins), dan Creative Problem Solving (30 mins). Test yang dilakukan akan tergantung dengan posisi yang kita daftar. Umumnya English Test tetap ada, namun untuk yang mendaftar di posisi audit akan ada test terkait audit, dan yang mendaftar di posisi terkait dengan keuangan akan ada test yang berkaitan juga.

Jewel Art Store
Jewel Art Store

Contoh Soal

English Test
English test cukup normal. Tingkat kesulitannya kurang lebih sama dengan TOEFL. Kita hanya perlu mengatur waktu dengan baik.

IT Test
Soal IT Test ini adalah general IT dan beberapa soal ada kaitannya dengan teori dasar-dasar audit IT sedikit. Misalnya ditanya, pada pilihan di bawah mana yang bukan merupakan OS, mana yang bukan DBMS, apa tujuan audit SI? dan sebagainya.

Creative Problem Solving
Soal creative problem solving ada 10 soal pilihan ganda dan 1 soal essay. Untuk pilihan ganda, soal-soalnya seperti soal matematika TPA. Jadi tidak ada yang butuh rumus matematika apapun. Yang penting kita bisa mengerti hal-hal dasar seperti bangun ruang, kecepatan, jarak, dll. Kemudian untuk 1 soal essay itu kita diminta untuk menentukan posisi tempat duduk dengan beberapa aturan yang dikasih. Hasil akhirnya posisi tempat duduk tidak boleh melanggar aturan yang diberikan.

Saran

Sebagai catatan, jangan sampai telat untuk mengikuti test walaupun hanya 1 menit saja. Berdasarkan pengalamanku, kemungkinan ada peserta di jadwal lain yang bisa datang di jadwal kita. Sehingga kalau di dalam ruangan sudah mulai dan ruangan terlihat penuh, maka kita tidak akan diperbolehkan masuk. Pilihannya adalah mengganti ke jadwal lain.

Phone Interview

Jarak dari preliminary assessment dan phone interview sangat jauh. Aku mendapat email terkait phone interview pada 7 Januari 2020 atau hampir 1 bulan lamanya. Yang akan mewawancarai kita adalah HR. Sehingga pertanyaan yang ditanyakan selama phone interview adalah seperti:
- Seputar motivasi dan alasan mendaftar
- Data dan informasi diri
- Pengalaman yang berkaitan dengan posisi yang dipilih
- Pengalaman kita bekerja di budaya yang berbeda
- Pengalaman kita bekerja dalam konflik
- Pengalaman bekerja dalam tim
- (dan pertanyaan lain seperti di atas)
- Mengapa kita orang yang tepat untuk posisi ini
- Rencana atau aspirasi 5 tahun kedepan
- Harapan gaji

Final Interview

Umumnya ada satu interview terakhir setelah phone interview yaitu final interview. Pada tahap ini, kita akan diwawancari oleh direktur atau partner. Umumnya juga pertanyaan yang diajukan bisa lebih teknis, atau bisa juga terkait pengalaman sebelumnya.

Closing: Proses Rekrutmen Tes EY

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat ya. Terutama untuk teman-teman yang sedang dalam proses rekrutmen EY atau yang ingin mendaftar ke EY. Jika ada pertanyaan, langsung di komentar aja ya :)

Jewel Art Store
Jewel Art Store

Aku ada beberapa pengalaman lain di perusahaan lain, kalian bisa baca blog lain di link berikut ya:
Pengalaman Tes SHL BCA 1
Pengalaman Psikotest BCA 2
Pengalaman Verifikasi SHL dan Interview BCA 3

Pengalaman Seleksi HSBC
Proses Rekrutmen EY
Proses Rekrutmen Abeam Consulting
Daftar dan Seleksi KPMG

Artikel terkait tips karir dan artikel sejenis dapat dibaca di sini. Good luck,
William Chandra


17 comments:

  1. […] 1Pengalaman Psikotest BCA 2 Pengalaman Verifikasi SHL dan Interview BCA 3 Pengalaman Seleksi HSBCProses Rekrutmen EYProses Rekrutmen Abeam ConsultingDaftar dan Seleksi KPMG Good luck!William […]

    ReplyDelete
  2. […] lain di perusahaan lain, kalian bisa baca blog lain di link berikut ya:Pengalaman Seleksi HSBCProses Rekrutmen EYProses Rekrutmen Abeam ConsultingDaftar dan Seleksi […]

    ReplyDelete
  3. […] lain di perusahaan lain, kalian bisa baca blog lain di link berikut ya:Pengalaman Seleksi HSBCProses Rekrutmen EYProses Rekrutmen Abeam Consulting Daftar dan Seleksi […]

    ReplyDelete
  4. […] lain di perusahaan lain, kalian bisa baca blog lain di link berikut ya:Pengalaman Seleksi HSBCProses Rekrutmen EYProses Rekrutmen Abeam Consulting Daftar dan Seleksi […]

    ReplyDelete
  5. Halo kak, untuk proses interview baik yang di KPMG dan EY apakah kedua menggunakan bahasa inggris? Thanks

    ReplyDelete
  6. Hai Putri, kalau interview pertama dengan HR di kpmg menggunakan Bahasa Indonesia, kalau di EY sudah menggunakan Bahasa Inggris. Kemudian di KPMG kalau sudah ke tahap interview user akan campur Bahasa Indonesia dan Inggris ya.

    ReplyDelete
  7. […] 1Pengalaman Psikotest BCA 2 Pengalaman Verifikasi SHL dan Interview BCA 3 Pengalaman Seleksi HSBCProses Rekrutmen EYProses Rekrutmen Abeam ConsultingDaftar dan Seleksi KPMG Good luckWilliam […]

    ReplyDelete
  8. […] 1Pengalaman Psikotest BCA 2 Pengalaman Verifikasi SHL dan Interview BCA 3 Pengalaman Seleksi HSBCProses Rekrutmen EYProses Rekrutmen Abeam ConsultingDaftar dan Seleksi […]

    ReplyDelete
  9. […] Seleksi HSBCProses Rekrutmen EYProses Rekrutmen Abeam ConsultingDaftar dan Seleksi […]

    ReplyDelete
  10. […] Seleksi HSBCProses Rekrutmen EYProses Rekrutmen Abeam ConsultingDaftar dan Seleksi KPMGSelamat membaca dan good luck,William […]

    ReplyDelete
  11. hi kak william, mau nanya nih kan saya mau ngelamar di salah satu perusahaan big 4 sebagai Cybersecurity and Privacy Generalist, nah latar belakang saya bukan IT tapi elektro... kira kira tes IT nya bagaimana kak?

    ReplyDelete
  12. Hi Cedric, tidak semuanya ada tes IT, contohnya KPMG. Keahlian kamu akan ditanya saat interview sesuai pengalaman. Tes IT sesuai pengalaman saya di EY terkait provider database, OS, terkait audit IT dan lain-lain. Menurut saya, jika selama ini kamu cukup update dengan teknologi harusnya masih bisa. Tidak ada pertanyaan yang terlalu teknikal lebih seperti pengetahuan umum yang saya sendiri juga tidak update. Misal "mana perusahaan di bawah ini yang mengembangkan (atau tidak) DBMS", dll.

    Sedikit catatan, mungkin PwC atau Deloitte punya tipe pertanyaan yang berbeda ( atau bahkan langsung pertanyaan terkait cyber)

    ReplyDelete
  13. Halo kak! Aku mau nanya, kalo untuk user interview di EY apakah menggunakan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris? Seperti yang diketahui sebelumnya kalau HR interview menggunakan Bahasa Inggris. Terima kasih!

    ReplyDelete
  14. Hi Lulu, umumnya kalau dengan user sangat tergantung masing-masing user. Misal di kasus saya, user-nya campur Inggris dan Indonesia di awal. Setelah dirasa saya bisa Bahasa Inggris, mereka jadi menggunakan Bahasa Indonesia terus. Semoga lancar dan sukses ya :)

    ReplyDelete
  15. […] lain di perusahaan lain, kalian bisa baca blog lain di link berikut ya:Pengalaman Seleksi HSBCProses Rekrutmen EYProses Rekrutmen Abeam ConsultingDaftar dan Seleksi KPMGSelamat membaca dan good luck,William […]

    ReplyDelete
  16. […] lain di perusahaan lain, kalian bisa baca blog lain di link berikut ya:Pengalaman Seleksi HSBCProses Rekrutmen EYProses Rekrutmen Abeam ConsultingDaftar dan Seleksi KPMGSelamat membaca dan good luck,William […]

    ReplyDelete
  17. […] Seleksi HSBCProses Rekrutmen EYProses Rekrutmen Abeam ConsultingDaftar dan Seleksi […]

    ReplyDelete