Jewel Art Store

Tuesday, September 22, 2020

Tips dan Trik Psikotes (Persiapan Hingga Saat Tes)


Hi teman-teman, kali ini aku mau membagikan tips dan trik psikotes. Psikotes sering kali menjadi salah satu syarat dan tahapan setiap proses rekrutmen dan seleksi kerja. Jadi, menjadi sangat penting bagi kita semua untuk dapat mengerjakan soal psikotes dengan lancar. Berikut tips dan trik psikotes dari aku.

Tips dan Trik Psikotes

Buat Rencana Untuk Proses Pengerjaan
Setiap memulai bagian tes misal bagian membaca, bagian berhitung, dll. Pastikan teman-teman mengetahui berapa jumlah soal dan berapa waktu yang diberikan. Sehingga teman-teman dapat mengatur waktu dengan baik dan bisa mengerjakan semua soal tanpa kehabisan waktu.

Misal: Jika ada 60 soal dan waktu 60 menit, maka teman-teman harus menargetkan untuk menyelesaikan 1 soal per menit.

Baca petunjuk pengerjaan
Sebelum memulai mengerjakan soal-soal. Penting sekali untuk setidaknya melihat dan membaca petunjuk pengerjaan. Jangan sampai perintah yang diberikan adalah melingkari, tetapi teman-teman malah memberikan tanda silang.

Jewel Art Store
Jewel Art Store

Kerjakan dengan kecepatan yang konsisten
Melanjutkan dari perencanaan, pastikan teman-teman mengerjakan soal dengan kecepatan yang konsisten. Jangan tiba-tiba di pertengahan menjadi lambat dan menghabiskan waktu lama. Jika ternyata memang ada soal yang sangat sulit, ada baiknya dilewati terlebih dahulu. Karena akan sangat disayangkan jika ada soal yang mudah dan bisa dikerjakan, namun jadi tidak bisa karna kehabisan waktu.

Tenang dan fokus
Selama mengerjakan soal psikotes, usahakan untuk tetap tenang dan fokus. Segala jenis psikotes sangat memerlukan ketenangan dan fokus saat pengerjaannya. Jika kita gelisah dan tidak fokus, maka hal itu bisa terpancar di hasil pengerjaan kita.

Persiapkan diri dengan kemampuan berhitung
Jika diperbolehkan, usahakan tidak menggunakan semua perhitungan dengan kalkulator. Karena mengerjakan soal hitungan dengan kemampuan mental sendiri dapat meningkatkan kepercayaan diri kita saat mengerjakan soal. Jadi, teman-teman bisa mulai berlatih perhitungan sederhana.

Baca teks bacaan terlebih dahulu
Jika ada soal membaca, sediakan waktu untuk membaca seluruh teks bacaan terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan satu teks bacaan bisa digunakan untuk 2 atau 3 bahkan sampai 4 soal. Jadi, jika kita tidak mengetahui isi teks secara keseluruhan, maka bisa saja ada informasi yang terlewat.

Jika ada waktu istirahat, gunakan waktunya dengan baik
Biasanya per sesi psikotes akan ada waktu istirahat. Gunakanlah waktu istirahat ini dengan baik. Istirahatkan pikiran, minum air, pergi ke toilet untuk sekedar jalan kaki merilekskan badan.

tips dan trik psikotes
tips dan trik psikotes

Penutup

Semoga informasi, tips dan trik di atas dapat membantu ya. Semoga semua usaha dan persiapan yang sudah dilakukan bisa membuahkan hasil.

Berikut juga contoh soal-soal tes yang umum digunakan perusahaan dalam proses rekrutmen.
Contoh Soal Smart GMA Verbal
Contoh Soal Smart GMA Numerical
Contoh Soal Smart Ability to Learn

Semoga informasi di atas membantu ya teman-teman. Aku pernah menulis tentang tes BCA juga pada blog post di bawah ini. Siapa tau bisa memberikan lebih banyak informasi lagi untuk teman-teman.

Jewel Art Store
Jewel Art Store


Tips dan Contoh Soal Tes BCA 1
Tips dan Contoh Soal Tes BCA 2 - Psikotes
Verifikasi Tes dan Interview Tes BCA 3

Aku ada beberapa pengalaman lain di perusahaan lain, kalian bisa baca blog lain di link berikut ya:

Pengalaman Seleksi HSBC
Proses Rekrutmen EY
Proses Rekrutmen Abeam Consulting
Daftar dan Seleksi KPMG

Selamat membaca dan good luck,
William Chandra


No comments:

Post a Comment