Jewel Art Store

Monday, September 21, 2020

Apa Itu Resesi?


Hi teman-teman, kali ini aku akan membahas tentang apa itu resesi. Istilah resesi sering kali disebutkan di media seperti TV, berita online, dan media pemberitaan lainnya. Namun tampaknya masih banyak yang kurang mengerti apa itu resesi dan kira-kira apa dampak resesi pada kehidupan kita sehari-hari. Kalau begitu, langsung saja kita bahas topik resesi dengan konten sebagai berikut:

1. Apa itu resesi
2. Mengapa terjadi resesi?


apa itu resesi
Apa itu resesi? (Photo: TND)

Apa itu Resesi

Menurut investopedia, resesi adalah sebuah istilah makroekonomi yang menunjukan suatu penurunan signifikan pada kegiatan ekonomi pada suatu area. Umumnya, suatu kegiatan ekonomi dianggap resesi apabila mengalami penurunan PDB (Produk Domestik Bruto) 2 kali berturut-turut. Namun beberapa ahli ekonomi dan instansi ekonomi tidak hanya melihat resesi melalui penurunan PDB saja, tapi perlu dilihat juga dari kegiatan ekonomi lainnya seperti pendapatan, tingkat pengangguran, produksi industri, dan lain-lain.

Jewel Art Store
Jewel Art Store

Mengapa Terjadi Resesi

Ada beberapa teori yang digunakan untuk menjelaskan mengapa dan bagaimana ekonomi dapat jatuh dan masuk ke dalam resesi yaitu faktor ekonomi, faktor finansial, dan faktor psikologi.

1. Faktor Ekonomi: contohnya ketika ada peningkatan harga bahan bakar yang terus menerus yang dapat meningkatkan biaya pada industri lainnya. Penggunaan teknologi baru yang meningkat dan membuat industri lain terpuruk juga dapat memicu resesi. Saat di tengah pandemi dan diberlakukannya lockdown juga menjadi kejutan bagi ekonomi sehingga dapat menuju ke jurang resesi.

2. Faktor Finansial: contohnya ketika ada kekurangan supply uang sehingga terjadi resesi.

3. Faktor Psikologi: contohnya ketika meningkatnya rasa pesimis pada ekonomi sehingga investasi pada ekonomi menjadi menurun yang mengakibatkan menurunnya konsumsi/pengeluaran masyarakat. Ketika masyarakat mengurangi pengeluaran dan ekonomi menjadi lesu, maka risiko terjadinya resesi semakin tinggi.

Secara umum, resesi dapat terjadi dikarenakan adanya kegagalan bisnis seperti kegagalan bank, pertumbuhan produksi yang lambat atau negatif, dan peningkatan pengangguran. Contoh yang terjadi pada masa-masa pandemi adalah adanya aturan physical distancing dan aturan lainnya yang dapat mengakibatkan penurunan produksi pabrik-pabrik.

Penutup

Semoga informasi ini dapat membantu dan membuat kita lebih mengerti tentang resesi. Jika ada pertanyaan, silakan langsung tinggalkan komentar di bawah ini ya. Jangan lupa bisa share blog post ini ke sosial media lainnya.

Untuk membaca postingan lainnya dapat mengakses link terkait tips kerja, tips kuliah, dan tips beasiswa di blog ini.


Jewel Art Store
Jewel Art Store


Untuk membaca artikel sejenis, dapat mengakses kategori pengetahuan umum.

Salam sukses dan good luck,


No comments:

Post a Comment