Jewel Art Store

Sunday, May 24, 2020

Pentingnya Pemahaman Keamanan Akses dan Data

Hai teman-teman, kali ini aku akan membahas mengenai isu yang sedang hangat pada saat blogpost ini dibuat yaitu pentingnya pemahaman keamanan akses dan data. Baru-baru ini kita dikejutkan dengan berita terjadinya kebocoran data pengguna dari e-commerce di Indonesia. Data tersebut bahkan diperjualbelikan di dark web dan pengguna yang terkena dampak kebocoran data ini mungkin belum menyadari hal ini dan akibat yang dapat ditimbulkan. Apakah kalian salah satu korbannya?

Apakah saya juga rentan diserang bukan hanya perusahaan?

Mungkin muncul pertanyaan dari teman-teman, "kan yang diserang e-commerce yang bertanggung jawab atas keamanan data saya di platform mereka, lalu mengapa saya juga harus paham terkait keamanan akses dan data saya?"

Kita semua sebagai pengguna internet juga perlu bertanggung jawab atas keamanan akses dan data pribadi. Kita memiliki banyak informasi penting dan akun pada platform yang berbeda-beda. Kita punya email pribadi yang bahkan setiap harinya rentan diserang dengan berbagai metode yang mungkin belum kita ketahui. Kita tidak boleh menunggu untuk diserang.

Pertanyaannya bukan lagi apakah saya akan diserang, tetapi kapan?

Pentingnya pemahaman keamanan akses dan data

Kita justru harus lebih berhati-hati dibanding perusahaan

Berikut adalah 3 alasan mengapa kita perlu lebih berhati-hati dibanding perusahaan:

a. Perusahaan dapat pulih lebih cepat dari serangan hacker dibanding kita
Umumnya, perusahaan memiliki perencanaan apabila bisnis mereka mengalami masalah. Selain itu, perushaan juga memiliki karyawan dengan berbagai keahlian di area hukum, bisnis, keamanan internet, dan sebagainya. Sedangkan kita pribadi harus mengatasi dan menghadapi serangan tersebut seorang diri.

b. Perusahaan memiliki karyawan untuk memeriksa dan mengatasi serangan tersebut
Seperti yang telah disebutkan di poin a, perusahaan memiliki karyawan yang bertugas untuk memeriksa dan bahkan mengatasi serangan hacker tersebut. Sehingga bisa kembali ke poin a yaitu dapat pulih lebih cepat ketika serangan terjadi. Sedangkan kita mungkin tidak tau jika kita telah diserang oleh hacker dan data-data kita telah dicuri.

c. Perusahaan yang menanggung dampak ekonomi serangan tersebut
Jika serangan terjadi, maka dampak ekonomi serangan akan ditujukan kepada perusahaan. Perusahaan akan mencari cara untuk menutupi dampak ekonominya (atau bahkan sudah dipersiapkan). Namun, ketika kita mengalami serangan hacker seperti uang dibobol atau diperas untuk mengambil data yang telah dicuri, kita sendirilah yang menanggung dampak ekonominya.


Jewel Art Store
Jewel Art Store

Apa dampaknya jika saya diserang hacker?

Untuk menjelaskan pentingnya pemahaman kita terkait keamanan akses dan data akan sangat tepat jika kita membahas tentang dampak yang dapat terjadi ketika kita diserang. Sehingga kita bisa mengerti pentingnya pemahaman keamanan akses dan data.

kita bisa melihat dampak dari beberapa sisi:
1. Ekonomi
Dampak ekonomi seperti pencurian uang atau informasi, pemerasan untuk menebus informasi yang dicuri, mengambil informasi finansial kita seperti data kartu kredit dan dapat digunakan sewaktu-waktu.

2. Psikologi
Dampak psikologi seperti tertekan karena pemerasan, rasa malu karena data rahasia dicuri, dan sebagainya.

3. Reputasi
Dampak reputasi seperti data rahasia yang disebar luaskan dapat berdampak pada reputasi kita.

4. Sosial
Dampak sosial seperti persepsi teman-teman terdekat dan keluarga yang berubah terhadap kita karena serangan hacker ini bisa dikarenakan informasi pribadi dan rahasia yang tersebar atau juga hilangnya kepercayaan orang-orang.

Simpulan

Pentingnya pemahaman keamanan akses dan data tidak hanya penting bagi perusahaan, tetapi juga untuk semua orang. Sebagai seorang individu, kita harus lebih berhati-hati dibanding perusahaan karena dampak yang dikenakan kepada kita akan kita tanggung sendiri dan sering kali kita tidak menyadari jika kita telah diserang. Dampak yang dapat terjadi jika kita diserang dapat dilihat dari beberapa sisi yaitu dampak ekonomi, dampak psikologi, dampak reputasi dan dampak sosial.

Jewel Art Store
Jewel Art Store

Penutup: Pentingnya Pemahaman Keamanan Akses dan Data

Jika teman-teman ingin tau bagaimana cara kita dapat diserang dan bagaimana cara menghindari serangan hacker dapat membaca blogpost berikut: Menjaga keamanan akses dan data di internet

Semoga informasi di atas dapat meningkatkan pemahaman teman-teman terkait pentingnya pemahaman keamanan akses dan data. Data yang kita simpan, yang kita ciptakan, atau yang kita masukan ke internet menjadi sangat berharga dan bernilai. Ayo kita jaga agar tidak disalahgunakan oleh pihak-pihak yang salah ya.

Berikut ada 33 tips untuk menghindari serangan hacker

Good luck!


1 comment:

  1. […] Setiap penyedia platfrom tentu menjaga keamanan data dan informasi kita dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Namun, serangan yang ditujukan kepada individu masih dapat terjadi dan hal ini mungkin lebih sering terjadi daripada yang kita kira. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut dapat membaca blog post pentingnya pemahaman keamanan akses dan data. […]

    ReplyDelete