Jewel Art Store

Friday, May 12, 2017

Mengapa Memilih National Taiwan University of Science and Technology (NTUST)

Ketika berbicara mengenai alasan, pasti akan berbeda-beda untuk setiap orang. Kali ini aku akan menuliskan alasan secara umum mengapa memilih National Taiwan University of Science and Technology (NTUST) dan alasan pribadi aku sendiri. Berikut alasan-alasan untuk memilih National Taiwan University of Science and Technology (NTUST).



Mengapa memilih National Taiwan University of Science and Technology (NTUST): Alasan Secara Umum

  1. Ranking 5 di Taiwan menurut QS Universities dan Times Higher Education [UPDATE=Versi Tahun 2018 sudah naik peringkat ke 4]

  2. NTUST menduduki peringkat ke-14 sedunia untuk kategori Top 50 Under 50 [2016] (https://www.topuniversities.com/university-rankings/top-50-under-50/2016)

  3. NTUST adalah leading technological university di Taiwan

  4. Taipei menduduki posisi ke-21 sedunia sebagai kota terbaik untuk pelajar [2017] (https://www.topuniversities.com/university-rankings-articles/qs-best-student-cities/taipei)

  5. Tersedia beasiswa untuk mahasiswa internasional

  6. Proses registrasi yang dimudahkan untuk mahasiswa internasional

[caption id="attachment_5238" align="aligncenter" width="640"]Jewel Art Store Jewel Art Store[/caption]

Mengapa memilih National Taiwan University of Science and Technology (NTUST): Alasan Pribadi

  1. Karena aku punya latar belakang teknologi jadi ini faktor yang penting. NTUST adalah leading technological university di Taiwan

  2. NTUST punya citra yang baik di Taiwan dan ranking internasional kampus ini juga bagus

  3. Ranking NTUST lebih tinggi dibanding Universitas Indonesia (kampus aku S1, Untuk tahun 2016 NTUST peringkat 50 di Asia dan UI peringkat 67 di Asia)

  4. Penutupan pendaftarannya 31 Maret, jadi sempet daftar (maklum telat daftar haha)

  5. Ada program beasiswanya

  6. Beasiswa yang diberikan paling besar dibanding kampus lain di Taiwan (setelah survei ke lapangan).

Jadi waktu aku mulai proses pendaftaran s2 di Taiwan sekitar tanggal 1 Maret, sedangkan banyak kampus yang menutup pendaftaran pada tanggal 15 Maret. Aku belum mempersiapkan surat rekomendasi dan study plan. Karena aku mau mempersiapkan semua dokumen dengan matang, jadi aku cuma daftar ke NTUST. Walaupun cuma daftar di 1 kampus, aku daftar ke 2 jurusan di kampus itu.

Jadi itulah alasan-alasan memilih National Taiwan University of Science and Technology (NTUST) untuk melanjutkan studi.

Kalau teman-teman mau baca terkait kuliahku di Taiwan, teman-teman bisa baca disini -> Kategori Taiwan williamwchandra.com

ntust_ib_courtyard-1.jpg

Terima kasih telah membaca :)

17 comments:

  1. Awal nya nyari inspirasi bullet journal dan ketemu blog ini, salam kenal ka chandra. Suka sama isi blog nya. Semoga kaka bisa nulis pengalaman kuliner kaka di taiwan ya. Terimakasih.😊

    ReplyDelete
  2. williamwchandraadminMarch 26, 2018 at 4:59 AM

    Salam kenal ya Erika :) sip, kedepannya aku bakal nulis lebih banyak tentang Taiwan :)

    ReplyDelete
  3. Halo William,
    Salam kenal ya, saya Afred dari Riau. Saya baru dpt kabar mendapat beasiswa di program phd ntust. Mudah2an mas William bisa bantu info2 ke saya mengenai prosedur dan kondisi disana ya...😊

    ReplyDelete
  4. Wah selamat ya Afred!!!!! πŸ‘πŸ‘πŸ‘ boleh boleh, semoga urusannya lancar ya :) kalau ada pertanyaan, jangan sungkan bisa tanya, mungkin saya bisa bantu jawab

    ReplyDelete
  5. O ya mas Wiliam gabung di ppi ntust? Gmna ya caranya mau ikut bareng disitu? Tx

    ReplyDelete
  6. Hai Mas Afred, nggak mas. Saya tidak tergabung di PPI Taiwan :)

    ReplyDelete
  7. Ok mas...hopefully can see u there😁

    ReplyDelete
  8. kakak, saya mau nanya beberapa pertanyaan
    1. sebaiknya ambil S1 dulu di Indonesia, atau langsung ambil S1 di Taiwan ?
    2. kalau S1 di Taiwan, apakah juga ada beasiswa nya ?
    3. kalau mau belajar bahasa Taiwan di Indonesia, dulu kakak dimana ?
    4. biaya hidup di Taiwan, kalau duit Indonesia kira-kira sebulan berapa ?

    salam kenal
    Bryan

    ReplyDelete
  9. 1. Semuanya terserah keputusanmu 😊
    2. Setahu saya ada beasiswa dari Pemerintah Taiwan. Kalau beasiswa kampus untuk S1 sangat jarang, bahkan tidak ada.
    3. Saya belum pernah belajar Mandarin Chinese Traditional di indonesia. Dulunya belajar Mandarin Simplified.
    4. Biaya hidup di Taiwan tergantung area. Kalau uang makan aja mungkin sekitar 2-3juta, kalau tempat tinggal di Taipei sekitar 3 juta ke atas.

    Semoga membantu

    ReplyDelete
  10. ipk kk brp dan dari jurusan apa?
    Saya mau daftar tapi ipk saya gak cum laude

    ReplyDelete
  11. Hai,

    Teman-teman saya (ada yang dari UI juga) juga tidak cum laude kok. Jangan patah semangat dulu yaa :)
    Selain diminta transkrip, kita juga diminta study plan kok. Nah, kamu bisa maksimalkan study plan-nya :)

    ReplyDelete
  12. ka aku tertarik untuk masuk kuliah ini dengan mengambil jurusan arsitek. sekarang saya masih kelas 11 dan memang masih belum ada persiapan untuk kesana, seperti bahasa mandarin yang memang belum bisa. ka saya ingin nanya, kalo ingin kuliah disini pakai bahasa inggris atau mandarin ya sebagai bahasa pengantarnya?? dan adakah agent di indonesia yang bisa membantu untuk bisa mendaftarkan ke kuliah ini. terima kasih

    ReplyDelete
  13. […] Blog post aku mengenai surat rekomendasi bisa dibaca disini -> surat rekomendasi. Kalau untuk study plan bisa dibaca disini -> study plan. Kenapa saya pilih NTUST? Cek disini. […]

    ReplyDelete